Saturday, December 15, 2012

Komputer Generasi Terbaru

Dengan Teknologi Komputer yang ada saat ini,agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan.Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”.Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis.Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan.Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang.Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna.Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.

Teknologi Komputer Terbaru Arah Masa Depan
• Cip DSP
Digital Signal Processing bermanfaat untuk menangani pemrosesan suara dan video dengan kecepatan yang sangat cepat. Di masa depan, bisa saja teknologi digunakan untuk membantu sistem pendengaran manusia.
• Nanoteknologi
Atom atau molekul berukuran nanometer dapat digunakan untuk menyimpan data atau melakukan tugas-tugas lain yang khusus.
• Komputasi optik
Komputer di masa depan bisa jadi no electronic, tetapi memakai optik atau optoeelektronik.
• Komputasi DNA
Komputasi DNA atau Biochip artinya informasi dapat ditulis ke molekul DNA.
• Komputasi kuantum
Komputasi kuantum berdasarkan teori mekanika kuantum. Informasi tidak lagi dinyatakan dengan bilangan biner, 0 dan 1, tetapi bisa dinyatakan dengan keadaan partikel dasar.

No comments:

Post a Comment